Rabu, 03 Juni 2009

Menteri ESDM Sampaikan Penghargaan Kepada Tim ERG PT Freeport Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Tim Emergency Response Group (ERG) PT Freeport Indonesia atas sikap tanggap daruratnya terhadap kecelakaan pesawat Pilatus PC-6/B2-H4 Turbo Porter beregistrasi PK-LTJ milik maskapai Mimika Air di lereng Gunung Gergaji, kawasan pegunungan Jaya Wijaya, Papua, 17 April lalu.

Tim ERG PT Freeport telah mengambil langkah-langkah pro aktif mendukung proses evakuasi 11 korban kecelakaan pesawat Mimika Air (20/4). Seluruh korban selanjutnya dievakuasi menuju Ilaga dengan menggunakan helikopter Airfast untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut.

Pesawat Mimika Air jenis Pilatus itu mengalami kecelakaan ketika terbang dari Ilaga menuju ke Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Pesawat milik Pemerintah Daerah Mimika dengan kapten pilot Nay Linn Aung, warga Myanmar dan co-pilot Makmur Susilo tersebut ditemukan jatuh di lereng Gunung Gergaji, Kabupaten Puncak. Beberapa penumpang pesawat tersebut adalah petugas pemilu dan barang-barang yang diangkut pesawat naas tersebut termasuk kotak suara yang dibawa dari Ilaga menuju Mulia.

Tim ERG PT Freeport Indonesia merupakan bagian dari Tim ESDM Siaga Bencana yang disiapkan untuk mengantisipasi dan membantu meringankan para korban bencana yang terjadi di Indonesia. Anggota tim memiliki berbagai sertifikat SAR internasional dalam bidang Cutting Torch, Light Vehicle, Incident Command (IC), Emergency Medical Technician, Medical First Responder, Firemanship, Hazardous Material, Rope Rescue, Confined Space, Land Navigation, Dive (PADI and Commercial), Hoistrider, dan CSSR (Collapse Structure Search and Rescue).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar